mJHEzxukdj31fhzMIHmiGai4Yfakiv2Yjgl83GlR
Bookmark

UKM LPM Spektrum dan Griya Cendekia Lakukan Kunjungan Redaksi ke Radar Bojonegoro


Doc. Mahasiswa melihat langsung proses pengeditan sampai pencetakan koran.

Arusgiri.com- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Spektrum dan Griya Cendekia melakukan Kunjungan Redaksi ke Jawa Pos Radar Bojonegoro pada Kamis (18/7/2024) di Jalan Jendral Ahmad Yani No.39, Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Puluhan mahasiswa dari UKM LPM Spektrum dan Griya Cendekia tersebut, andil dalam sharing season kejurnalistikan yang didampingi oleh Usman Roin, Pembina kedua UKM dan Bhagas Dani Purwoko, Redaktur Jawa Pos Radar Bojonegoro.

M. Ainun Najib selaku Ketua Umum UKM Griya Cendekia berterimakasih kepada Redaktur yang telah menerima kunjungan dari kedua UKM tersebut sekaligus berharap agar dapat lebih optimal lagi dalam mengolah media online.

"Bahwa, kegiatan ini untuk belajar bersama bagaimana nantinya kita bisa mencari, mengolah, mem-publish dan memaksimalkan pengelolaan website online." Ujar Najib.

"Saya berpesan kepada seluruh anggota UKM untuk mendengarkan dan memperhatikan terhadap apa yang disampaikan oleh Redaktur, agar nantinya dapat diaplikasikan dalam kampus maupun masyarakat," tambahnya.

Selain itu, Pembina LPM Spektrum dan UKM Penalaran dan Penulisan Griya Cendekia menyampaikan ucapan Selamat Harlah ke-25 tahun Radar Bojonegoro sekaligus berharap agar dapat menjalin jejaring dalam publikasi terkait konten-konten yang layak untuk dibaca oleh masyarakat umum.

"Karena akan menginjak harlah Radar Bojonegoro ke-25 tahun, kami mengucapkan selamat harlah. Semoga tetap eksis dalam mencerdaskan masyarakat Bojonegoro dalam segala lini-lini yang ada. Kami juga ingin mengkaji terkait ilmu jurnalistik di Radar Bojonegoro dan berharap dapat mengaplikasikan nantinya."

"Semoga dengan silaturahmi ini, dapat menambah jejaring antara LPM dan GC dengan Radar. Dan semoga jejaring ini, dapat dilakukan tidak hanya tatap muka tetapi juga melalui media lainya," harapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bhagas menjelaskan bahwa dalam pembuatan berita, baik koran maupun e-koran tidak begitu sulit. Maka dari itu, Radar Bojonegoro berusaha semaksimal mungkin menerbitkan berita setiap hari. Mencetak korannya pun di Gresik lalu pemasarannya didistribusikan ke Blora, Lamongan, dan sekitar Bojonegoro. 

"Sebenarnya kami ada 4 biro. Yaitu Tuban, Lamongan, Blora dan Bojonegoro. Akan tetapi, Tuban memisahkan diri, berdiri sendiri," lanjutnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa dalam penulisan berita pada media cetak, terlebih berita peristiwa harus benar-benar mengetahui kasus yang faktual dan juga memahami isu yang ada.

"Menulis di media cetak seperti koran yang membahas terkait peristiwa, harus benar-benar tahu kasus yang faktual dan harus bisa pintar-pintar memahami isu," jelasnya.

Salah satu anggota LPM Spektrum, Eka Pradana Kusuma mengungkapkan bahwa ia sangat senang mengikuti kunjungan tersebut, dikarenakan menambah pengetahuannya terkait jurnalistik. 

"Setelah diadakannya kunjungan ini, saya dapat menambah pengetahuan mengenai jurnalistik," ungkapnya.

Sama halnya dengan Tsalisa, anggota UKM Griya Cendekia. Dia juga merasa bahwa apa yang disampaikan oleh Redaktur mudah dipahami.

"Saya merasa senang karena mendapat pengetahuan baru. Pada saat pembawaan materi pun terbilang nyantai, sehingga bisa lebih menangkap apa yang disampaikan." Ucap Tsalisa.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan melihat secara langsung proses pengeditan, pencetakan koran serta dapat melihat bagaimana proses podcast berlangsung.

*penulis Fitria Ika Yuliana dan Siti Nur Hamidah

0

Posting Komentar